Thursday 14 January 2010

sri_maryanto_woodcut_oraber_kitasemuapastimati

Cling!!...akhirnya aku, kau...kita ada...
Ilmu pengetahuan telah mengajarkan, kita berasal dari pembuahan sperma laki-laki di dalam rahim perempuan melalui proses yang tak terjelaskan kenapa bisa?
Ilmu agama menjelaskan kepada kita kalau manusia atau kita tentunya berasal dari lempung, yang setelah ditiupkan ruh oleh Tuhan maka hiduplah sebagai khalifah dunia.
Tetapi yang tak terjelaskan namun juga merupakan kepastian adalah bahwa tiupan pertama kali yang menghidupkan itu adalah juga yang terakhir kalinya. Jadi sekali lagi sudah dipastikan kalau pada akhirnya habis juga ruh hasil tiupan Tuhan itu.
Nah ya kalau dihitung-hitung durasi tiupan Tuhan itu paling banter 100 tahun, itupun sangat jarang terjadi. Walaupun ada juga yang bertahan lama sampai 125 tahun seperti kakek buyut saya. Bosan juga kalau hidup tahan lama sementara yang lain sudah tak ada lagi mirip highlander. Hidup yang kesepian jadi lebih sepi lagi.
Karya ini merupakan renungan kembali sudahkah kita menggunakan durasi yang begitu singkat ini untuk kehidupan semesta? walaupun kita sebenarnya lebih kecil dari debu sekalipun, kita adalah ada. Dan ada itu ikut mempengaruhi keadaan seluruhnya.

1 comment: