Saturday 1 June 2013

kerikil-kerikil tajam berguna

3 bulan lewat seperti sekejap mata!
kali ini dengan materi lama..

Ketika pertama kali lihat sesuatu di atas dan di bawah ini, aku selalu bertanya-tanya instalasi seni atau apakah itu? orang sini yang kukenal pun tak tahu persis apa dan untuk apa sebenarnya benda tersebut ada.. waah.. gimana nggak makin penasaran?
atau memang cuma rasa tamak untuk serba tahu yang bersemayam di otakku.. :)


kalau yang di atas ini, langsung bisa terbayangkan karena isinya banyak berceceran di sekitar boks tersebut, adalah tempat kerikil yang berguna untuk memecah licinnya air yang menjadi es di permukaan jalan, terutama untuk pejalan kaki, karena untuk jalan raya yang dilewati mobil ada methode tersendiri yakni memakai garam.. dengan menebarkan garam di jalan raya (mirip dengan proses memupuk sawah) es yang membikin licin jalan raya bisa mencair dan aman untuk roda-roda gila!

Batu kerikil hasil gilingan mesin yang berukuran 1-2 tersebut, disediakan untuk umum. Siapa pun boleh dan bisa untuk menggunakannya, tapi kalau musim dingin telah tiba. Ketika musim panas biasanya boks-boks tersebut dikunci gembok!!


 Untuk area yang lebih luas penggunaannya disediakan konstruksi seperti di atas, dengan begitu mobil-mobil trontong milik pemerintah kota yang bertugas menebar kerikil di jalan bisa memuat kerikil dari atas secara praktis.

Pekerjaan berlanjut ketika musim dingin selesai, mobil penyapu kerikil yang berserakan di trotoar meraung-raung, tak jarang dengan debu yang menyebalkan.

Semua diatas semakin membuktikan kalau musim dingin dan sekitarnya sangat mahal biayanya!


No comments:

Post a Comment