Sunday 22 February 2015

selamat musim dingin!





Hallo semuanya!
Saya mengucapkan selamat tahun baru 2015 dan tahun baru imlek 2566.

Mungkin kebanyakan orang berpikir kalau winter berada di akhir tahun kalender masehi, pada kenyataannya bulan desember musim dingin secara resmi baru dimulai untuk 3 bulan kedepannya, bahkan masih bulan-bulan berikutnya lagi kalau sedang ada perpanjangan musim..

Dari film-film barat kita tahu kalau salju dan peringatan natal adalah satu kesatuan. Suasana syahdu sering digambarkan dengan nyala lilin-lilin kecil di pohon natal di dalam rumah yang di bawahnya bertimbunan hadiah yang siap dibuka tengah malam, suasana tersebut ternyata mampu menggantikan murung musim dingin.
Alhasil di daerah yang tak bermusim dingin ketika natal di bulan desember, dibuatlah pernak-pernik salju palsu agar suasana syahdu dari peringatan natal di eropa bisa juga dirasakan. Kita tahu di Australia sedang musim panas ketika di Eropa sedang musim dingin, namun hiasan putih salju artifisial tak pernah ketinggalan.

Sebenarnya sungguh beruntung di tanah air kita yang cuma bermusim dua, pula selalu hangat. Tak perlu repot-repot menyalakan perapian di dalam rumah, setiap saat bisa mendapatkan udara segar di dalam rumah. Rumah-rumah di daerah yang punya musim dingin didesain tertutup rapat, agar udara dingin yang ganas tak masuk, dan udara hangat tetap berada di dalam rumah. Akibatnya kondisi udara pengap dan sumpek, kalau sirkulasi udara tak lancar bakteri penyakit pun senang tumbuh kembang. Banyak bibit penyakit yang beredar selama musim dingin, apalagi kalau orang nggak mau keluar cari udara segar di luar yang dinginnya menggigit.

Bulan kemarin seperlima masinis kereta api di München terkena serangan flu, sehingga banyak kereta yang tak jalan sesuai jadwal! Bulan februari ini sudah hampir habis tapi musim dingin belum tampak akan berlalu. Salju-salju yang dari bulan kemarin saja masih berserakan dan bertumpuk-tumpuk.. hari ini hujan salju lagi di selatan München!!

Winter ist noch nicht vorbei!

2 comments: