Sunday 5 September 2010

karya awal dari M.C. Escher


karya periode awal, originally uploaded by Sri Maryanto.

Aku suka sekali dengan karya ini, kenapa?
Dengan melihat karya ini aku jadi lebih sadar bahwa setiap awalan adalah periode yang paling berat, penting dan menentukan untuk melangkah lebih jauh dalam segala hal!
Pegrafis dari Belanda ini terkenal dengan karya-karyanya yang super detail, mathematis juga optical. Sangat sedikit seniman yang bisa menandingi kejelian dalam mengulik detail disertai dengan perhitungan ilusi matematika, bahkan mungkin belum ada.
Dengan teknologi mutakhir karya-karya almarhum pegrafis yang arsitek ini akan mudah dikerjakan, tapi mengingat pada jamannya tidak secanggih sekarang, kembali kecanggihan manusianya yang utama.
Kembali ke karya yang satu ini, sangat kelihatan mendiang muda belum fasih berkarya tapi berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuannya sebagai seniman pemula, kemudian jika mengingat karya-karya periode setelah ini kita akan berdecak kagum dibuatnya. M.C. Escher muda tetap bertahan dengan begitu telatennya terus menghidupi keseniannya sampai pada puncak capaian yang susah dilampaui lagi oleh orang lain.
Sekali lagi sebuah awalan adalah penting untuk dikerjakan, apapun hasilnya, setelah itu kosistensi yang bicara..
Banyak orang yang tidak berani mengawali sesuatu, seribu satu alasan dijadikan sebagai pembenaran dari rasa takutnya, sementara sedikit orang telah berhasil selangkah lebih maju dan maju..
Setelah diberi napas, manusia adalah sebuah titik yang punya sudut pilihan 360 derajat..
So... selamat menikmati karya ini....
sm

No comments:

Post a Comment