Saturday 27 March 2010

Tatort!!



Tatort,
dalam bahasa Indonesia artinya TKP (Tempat Kejadian Perkara).
Sebuah film serial kriminal televisi yang legendaris di Jerman.
Disiarkan hampir setiap hari setelah berita malam bergiliran di stasiun televisi pemerintah negara Jerman... ARD, ZDF, HR, BR, NDR, dan WDR.
Bertahannya serial krimi (biasa di sini disebut) yang masih setia memakai ilustrasi musik di awal dan di akhir cerita sejak tahun 70-an ini, menggambarkan bahwa orang Jerman sangat menggemari cerita kriminal!!
Tatort merupakan judul utama, setiap seri mempunyai sub judul sesuai masalah atau tema cerita. Settingnya berpindah dari kota ke kota seluruh negara Jerman, dengan pejabat komisaris setempat yang biasanya berperan sampai pensiun di kota tersebut atau dimatikan tokohnya dalam cerita. Setiap komisaris polisi di tiap kota digambarkan memiliki karakter yang khusus dengan masalah pribadi dalam kesehariannya sebagai manusia biasa.
Setiap seri selalu mengetengahkan tema yang aktual yang menjadi perhatian umum pada jaman ketika film dibuat. Mungkin karena inilah salah satu alasan serial ini bisa bertahan sampai sekarang selain juga sepanjang siarannya tak ada potongan iklan sama sekali.
Bahkan untuk orang yang tidak sempat mengikuti atau ketinggalan isu yang hangat bisa melihat serial Tatort terbaru sebagai tolok ukur, yang disiarkan pada hari minggu di stasiun ARD pukul 20.15 waktu setempat.
Namun serial krimi Tatort dan berbagai varian seri krimi lainnya mungkin akan membosankan untuk orang yang biasa menikmati film bikinan Hollywood, karena di dalamnya jarang sekali terlihat aksi-aksi luar biasa dari stuntman dan pelaku kejahatan pun selalu ditampilkan sebagai manusia biasa yang juga punya sifat baik. Tidak selalu hitam putih karakternya.
Alur cerita dibangun dengan dialog yang wajar tidak dibuat-buat, seolah tanpa perubahan emosi yang berarti bahkan ketika film sudah selesai untuk yang tidak mengikuti akan tidak terasa sama sekali endingnya.
Kalau anda penggemar cerita detektif seperti Hercule Poirot-nya Agatha Christy atau Lima Sekawan-nya Enid Blyton...serial Tatort tentu akan menjadi candu anda berikutnya.
So...Belum lengkap rasanya jika anda ke Jerman belum pernah lihat serial televisi yang satu ini....hehe....

2 comments:

  1. Heute verpaßt Du wohl den Tatort? Übrigens kommt der neue nur am Sonntag! Alle anderen sind Wiederholungen, weil die Deutschen momentan so gerne Krimis sehen.

    ReplyDelete