Thursday 8 April 2010

APRIL MOP


...aaah sudah April!
Bulan april, hari ini cuaca sungguh indah sekali, hangat dan terang sekali!
hehe...ku mulai bisa membedakan panas dan hangat lagi terang di München.
Burung-burung sudah mulai pulang dari rantau daerah selatan, so...nggak perlu ke kebun binatang atau ke pasar burung untuk menikmati indahnya makhluk yang berkicau merdu dan berwarna elok itu.

Matahari tanpa tedeng aling-aling melotot bikin terang benderang dunia...sampai mata ini harus menyipit menghalau silau, namun entah kenapa panas sinarnya tidak terik seperti di Indonesia. Naja.. kata ilmu bumi sih bahwa Eropa letaknya jauh di utara kathulistiwa, tidak seperti Indonesia yang memanjang mengikuti garis tengah bumi itu. ..so pengalaman lihat globe membantu sekali, ku jadi tahu kalau matahari dilihat dari eropa selalu bergerak di bagian selatan saja. Seolah sombong tidak mau lewat di atas ubun-ubun manusia, makanya orang di sini mempunyai rasa penasaran seperti apa panasnya si Sun itu sebenarnya, untuk itu ramai-ramailah orang eropa melancong ke daerah yang dilintasi garis tengah bumi.
Selain juga panas matahari adalah sehat!! ingat vitamin D bisa aktif berkat sinar matahari. Orang yang tidak pernah atau kurang kena sinar matahari dianggap tidak sehat, terbalik dengan budaya tropis, ada anggapan di daerah 4 musim sini bahwa warna kulit yang ideal adalah gosong kecoklatan!! Di pasaran banyak dijual krim penggosong kulit, bertolak belakang lagi-lagi dengan di Indonesia yang orangnya mendambakan warna kulit putih..jadi diciptakanlah krim pemutih yang laris manis menguntungkan pemilik modal.
Plus juga warna coklat menjadi penanda empunya kulit telah mampu mengunjungi bagian dunia lain yang jauh....sorga matahari di khatulistiwa.
So...april ini hangat matahari telah menyapa mengusir hawa dingin winter di eropa, segera saja orang memanfaatkannya sebaik mungkin kesempatan ini. Mereka nongkrong di teras atau di kebun belakang rumah selayaknya sedang berada di tepi pantai kuta atau hawai..bisa dibayangkanlah kostumnya...biar badan segera gosong kecoklatan.!!

Bulan April mulai benar apa yang namanya Frühling atau musim semi, banyak bunga warna-warni, besar kecil yang mekar di sela-sela rumput yang tetap bertahan dari ganasnya musim dingin! agak aneh juga karena tiba-tiba kok bunga padahal nggak ada tanamannya.!?
...di balik indahnya bunga musim semi ini ternyata menyimpan masalah juga karena semakin kesini makin banyak orang yang alergi dengan serbuk sari yang berterbangan bebas di udara yang ringan kering ini...

Bulan April tanda waktu sudah bergeser satu jam lebih awal, tepatnya seperempat terakhir bulan maret kemarin. Pada bulan ini terangnya lebih panjang jadi terpaksalah waktu dirubah maju satu jam. Kalau di awal musim gugur ketika terang hanya sekejap waktu dirubah mundur satu jam. Perubahan tanda waktu itu dijadwalkan selalu tepat di hari minggu, tentu karena persoalan adaptasi.
Tidak seperti di musim dingin yang suram, sekarang pukul 6 pagi matahari sudah menyala. Tenggelamnya matahari pun lebih lama, sekitar jam 8 malam baru hilang dari peredaran. Lain halnya ketika winter, jam 4 sore sang matahari telah berkemas-gegas masuk pelaminan. Matahari paling lama bertahan di langit mencapai puncaknya nanti di musim panas, di mana baru tengah malam itu yang di sebut sunset!, ..nah waktu itulah terdapat perayaan di seluruh eropa, mungkin inilah sisa-sisa ritual purba pemujaan dewa matahari yang masih kasat mata sampai sekarang.

April Wetter...untuk menggambarkan bahwa di bulan ini cuaca sangat tidak jelas...kadang suhu hangat dan terang sekali seperti hari ketika ku menulis ini, tapi kemudian tiba-tiba berubah dingin bahkan turun hujan salju pula!! semua serba mendadak mengejutkan silih berganti begitu saja....mungkin karena itu ada kebiasaan bahkan budaya mengerjai orang di bulan ini.
Dengan istilah umumnya APRIL MOP!!.

SM


No comments:

Post a Comment