Wednesday 21 April 2010

Jantung Kota..bagian 1


..seperti biasa selesai sekolah ku ambil U-Bahn dari Goethe Platz richtung Marien Platz walaupun sebenarnya yang ke arah Klinikum Großhadern lebih cepat arah pulang.
Sengaja dengan pertimbangan S-Bahn yang lewat pada jam atau tepatnya menit itu tidak ada jaringan bisnya dari Bahnhof Wolfratshausen..
so aku menghabiskan waktu tunggu S-Bahn berikutnya di jantung kota Munich, Marien Platz..
....di sana sudah pasti tempat yang sangat menarik..banyak pertokoan modern, juga bangunan tua yang eksotis, dan ramai sekali...banyak turis!!
Bisa dibilang orang belum ke Munich kalau belum datang ke Marien Platz.
Di sini terdapat jam dinding tua yang menghiasi (gedung) Rathaus, dan setiap jam 5 sore patung-patung bergerak dengan irama musik yang kenclang-kenclong khas gereja.
Di Marien Platz ini hampir semua jalur kereta lewat, pusat kedua setelah Hauptbahnhof Munich. Ada 5 lantai untuk jalur S-Bahn dan U-Bahn juga lobby.
Kereta datang dan pergi seperti cuaca april, kadang hanya jeda kurang dari 1 menit!!
Kondisi fasilitas tansportasi umum kota ini mirip yang ada di film-film futuristik.
Semuanya ada di bawah tanah!!
Rel-rel, U-Bahn, S-Bahn, loby tempat beli tiket, kios-kios, penjual koran, penjual lotere, beserta orang-orangnya berada di dalam tanah! Manusia merayap di terowongan-terowongan yang bersih rapi teratur, nggak ada orang tidur atau ngelesot di lantai, orang lebih suka berdiri ketika tempat duduk di peron penuh,
hampir semua membaca....baca koran, baca novel, baca roman, baca majalah, baca jadwal, baca iklan, baca tiket, baca sms, baca stroke belanjaan, baca tabel elektronik jadwal kereta, baca tulisan apa saja,
Ramai tapi sepi..tidak ada pedagang asongan yang biasa berteriak menawar-nawarkan dagangannya..
semua tampak mencoba untuk tenang dan santai namun tidak bisa menghilangkan kesan terburu, tidak aneh kalau banyak yang harus sprint untuk kejar kereta......apalagi yang kebelet pipis!!

No comments:

Post a Comment