Saturday 17 April 2010

Taring Bening berarak ke selatan!


Die Chaos-Wolke!!
Gunung berapi yang ada di bagian utara bulatan bumi, dan sungguh namanya susah sekali diucapkan ..Eyjafjallajökull...membuat langit di Eropa penuh dengan abu kaca tajam yang bisa merusak -atau lebih ngeri dituliskan- menghancurkan baling-baling mesin pesawat!! kata berita....
Sehingga seluruh bandara di Jerman tutup sementara yang kemungkinan sampai senin baru dibuka lagi. Setelah tentunya rombongan kaca itu selesai bergerak bersama alias berpencar jadi rombongan kecil-kecil yang tidak bahaya atau menghilang ke langit!?

Jutaan orang terlantar di Flughafen atau lapangan terbang seluruh dunia, yang akan meninggalkan Jerman atau pun mengunjunginya. Tak pandang bulu, termasuk sang kanselir Jerman Angela Merkel, pesawatnya tidak bisa mendarat di Frankfurt melainkan ke Lisabon, Portugal, apa boleh buat kuasa alam tidak bisa dilawan!
Terpaksalah ibu Merkel ini akan pulang kampung naik mobil dari Roma, Italy. Di hitung masih untung rombongan demonstrasi abu kaca dari gunung di Islandia tadi belum mencapai langit Roma.

Sejarah mencatat dari sepuluh letusan gunung terdasyat di dunia, wilayah yang sekarang kita sebut negara kita ada di peringkat pertama!! ini bukannya rasa bangga akan bencana namun sekedar bicara data-data...siapa tahu bermanfaat sebagai pengantar tidur...

Tahun 1815 Gunung Tambora yang legendaris memuntahkan 100 kubik kilometer batu-batuan!! sekitar 10.000 orang tewas seketika, plus 80.000 orang luka-luka. Letusan Gunung Tambora telah memusnahkan sebuah kerajaan yang sekarang telah menjadi legenda dan dongeng belaka, kejadian itu dianggap sebuah contoh nyata sebuah laknat dari Tuhan akibat dosa manusia..

Tahun 1883, Gunung Krakatau di selat sunda telah berhasil menggelapkan hampir seluruh langit dunia!! sekitar 70.000 orang mati, merupakan rekord korban letusan gunung berapi yang di ketahui dan tercatat. Eduard Munch seniman Jerman berhasil mengabadikan teror alam yang sangat mengerikan pada jaman itu dalam karyanya yang sangat terkenal, judulnya SCREAM! digambarkan seorang yang menjerit ketakutan di sebuah jembatan dengan latar belakang langit kuning seperti awan belerang yang beracun dari letusan krakatau..karya ini menjadi karya yang paling sering ditiru atau digambar ulang dalam berbagai versi selain Monalisa-nya da Vinci tentunya. Bahkan bentuk muka dalam scream menginspirasi pembikin film dengan judul yang sama sampai beberapa sekuel!!

Bencana telah berhasil menginspirasi banyak orang untuk membuat aneka ragam bentuk karya dan produk budaya. Bahkan bagi sementara orang bahkan membawa nikmat!mungkin...


dari tungku bara lambung bumi
sejak 1823 saluran sempit mengecil
ribuan bara tak sabar ingin menyaksikan
gairah kehidupan setelah beku kematian
saat dunia mekar penuh warna
seakan tanpa sebab tapi bisa menyebabkan

ketika budaya antri masih berlaku
semua aman terkendali
tak ada yang perlu dikaji atau dijadikan sensasi
ketika tuntutan tak lagi mendapat jawaban
kotoran menyumpal tak dihiraukan
sejumlah rombongan besar berhak mendesak
mereka pun bisa berhasil tetapi tidak kasil
panas ke dingin seperti terkejut
asap menjadi tajam mengancam
menyeringai taring bening
mengoyak baling yang menantang
jutaan terpaksa harus memanjangkan ususnya
sampai gelombang abu-abu berkaca pecah belah

sm

No comments:

Post a Comment