Thursday 15 April 2010

Mein erste Gedicht!


Hari ini mulai panas lagi eh hangat ding..setelah sejak selasa cuaca bulan april mewadag... hujan gerimis mendung gelap langit kelap-kelap walaupun pagi tadi masih suram sesuram kelambu rumah sakit pemerintah daerah tertinggal.
Untung setelah sampai di kota tempat sekolah berada...matahari tersenyum!!Yeaaah...!
Hari ini perjalanan ke sekolah serba knap!
udah mau siap berangkat, tiba-tiba perut minta jatah...terpaksa dipending dulu sampai bus berikutnya aja..pikirku toh masih cukup waktunya alias piss-pas banget!
ku biasanya ambil bus satu jadwal lebih awal sekitar 20 menit jeda tiap S-Bahn (Schneel Bahn)..walaupun ini di negara yang terkenal tepat waktu tapi tetap saja harus ada antisipasi seandainya ada apa2..
Setelah makan nasi sisa kemarin malam plus kentang dan sedikit sayur tahu bumbu rendang dengan sedikit improvisasi dipanaskan di Pfane, sambil makan sempat lihat secara online jalur bus yang ke arah Dachau..itu ..tu tempat dulunya kamp konsentrasi jaman Hitler yang sekarang dijadikan museum. Agar kejadian serupa tak terjadi lagi!!
Beberapa hari kemarin mungkin senin ya senin ku dah ingat sekarang, ketika itu cuaca bagus sempat juga ku sampai di Dachau tapi cuma sampai di kota dekat Bahnhof aja..karena memang asing sekali kotanya. Lagipula memang jauh dari pusat kota München. Perkiraanku sih sekitar setengah jam dari pusat kota naik S-Bahn nomor 2 yang berlari kencang tanpa hambatan... Waktu itu jam 5 sore lebih seperempat persis keluar gedung MVHS, hari itu dunia terang sekali mirip jam 3 sore....spontan muncul ide jalan ke Dachau karena sudah hampir setengah tahun belum sempat main ke tempat yang sangat terkenal itu....
.ahh..memang bagus betul cuaca senin itu!..
sampai di kota tua Dachau sekitar jam setengah 7 malam selayaknya jam 4 sore di Indonesia!! keluar Bahnhof langsung sedikit bingung juga mencari-cari petanda yang bisa menunjukkan jalan ke arah bekas KZ itu....setelah jalan agak lama dan merasa salah arah baru balik jalan ke arah Bahnhof lagi ternyata memang salah keluar pintu stasiun!! untung hari itu padhang njingglang! makanya tanda-simbol atau apapun istilahnya yang bisa dibaca sebagai penunjuk jalan ke KZ nggak ketemu....akhirnya ku balik arah Bahnhof melintasi kota tua yang sepanjang jalan banyak pertokoan, mungkin karena banyak turis yang datang ke kota ini jadi banyak pula souvenir tanda mata kota dijajakan.
Setelah sampai Bahnhof lagi ternyata dari arah yang berbeda terdapat Schild atau papan nama yang menggambarkan peta kota Dachau..termasuk segala legendanya..dan segera ku temukan itu letak museum KZ yang menyimpan kekejaman jaman diktator Hitler di Jeman.
Aah ternyata musti naik bus belakang baru tahu kalau cuma 6 menit perjalanan ke sana..jurusan 726,
ku lihat di Halte bus depan Bahnhof ada bis yang lagi mau berangkat..tapi waktu sudah semakin malam walaupun seperti sore saja.
ku putuskan untuk pulang lagipula bus ke arah KZ warnanya berbeda dengan yang biasanya di kota jadi ku juga sedikit ragu untuk naik karena pikirku..jangan-jangan tiket grüne karte yang selalu di dompetku nggak berlaku. Lain kali aja lah setelah segala informasi tentangnya seterang cuaca hari itu...
Nah hari ini semua sudah terang benderang!...ternyata ku bisa pakai tiket langganan bulanan itu menuju ke Museum itu...aman..
Untung juga hari itu ku tidak jadi naik karena hari senin semua museum di kota München tutup!! apalagi pula telah lewat jam 5 sore ambang batas orang boleh berkunjung!
Hari ini tadi ku berangkat pakai bus yang kalau diurut-urut sambungan keretanya plus jalan kaki dari halte S-Bahn ke U Bahn terus dari U-Bahn ke MVHS tepat sebelum jam 2 siang sampai di kelas dimana Frau Wulf mulai mengajar.
Hari ini di kelas ku baca sajak tentang kampung halaman dalam bahasa Jerman, bikinan sendiri tentu dengan sedikit koreksi sana-sini...

Meine neue Heimat

Heimat ist mehr als ein Ort wo ich geboren bin
Heimat ist so ähnlich wie ein Bett auf dem ich jeder Zeit ausruhen kann
Heimat ist fast wie eine Mutter
in ihrem Bauch kann ich sehr gut Leben deshalb weinte ich zum Erstemal
weil nicht verlassen werden wollte

was kann ich machen? ich bin schon auf die Welt gekommen
Diese Welt ist meine neue Heimat
so lange ich den Himmel trage und auf die Erde trete
das ist meine Heimat!!
Ich glaube dass die näschte Heimat auch sehr wunderschön ist

hehe..hari semakin terang saja, makasih Ra!
tapi cuaca hari yang terang benderang hari ini ternodai dengan setetes tuba rumitnya administrasi sebagai Ausländer..




1 comment:

  1. "Heimat ist so ähnlich wie ein Bett auf dem ich jeder Zeit ausruhen kann" << Dann bin ich mit dir ganz einverstanden :)

    ReplyDelete